Blog

Tim Pengawasan, Pengendalian dan Pembinaan (Wasdalbin) Kopertis VII Jawa Timur tahun 2016 baru saja mengunjungi Universitas Gajayana (Uniga) Malang. Kunjungan ini dilaksanakan pada hari kamis, 21 Juli 2016. Kunjungan seperti ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Kopertis VII Jawa Timur dan dilakukan di semua perguruan tinggi swasta di seluruh Jawa Timur. Perguruan tinggi yang mendapat kunjungan meliputi seluruh universitas, institut, sekolah tinggi, politeknik, dan akademi di bawah naungan Kopertis VII Jawa Timur.

Kunjungan yang pernah dilakukan dilakukan pada tahun 2014 ini melibatkan semua pihak Uniga Malang. Tim Wasdalbin yang merupakan bentukan dari Kopertis VII Jawa Timur melakukan serangkaian evaluasi terhadap kinerja penyelenggaraan pendidikan di Uniga Malang. Tujuannya agar setiap permasalahan yang sedang dihadapi oleh perguruan tinggi yang bersangkutan dapat dideteksi sedini mungkin sehingga dapat segera diselesaikan.

Untuk kunjungan tahun ini, tim Wasdalbin disambut oleh Rektor Uniga Malang, Prof. Dyah Sawitri, S.E., MM dan seluruh civitas akademika. Evaluasi dilakukan di semua prodi yang ada di Uniga Malang. Data dari semua prodi diperhatikan dengan seksama sehingga perbaikan yang diperlukan dapat dipaparkan untuk diselesaikan dengan solusi terbaik.

Evaluasi diterapkan kepada 4 bidang, yaitu bidang LEMKERMA (kelembagaan dan kerjasama), DIKTENDIK (pendidik dan tenaga kependidikan), BELMAWA (pembelajaran dan kemahasiswaan), dan SARANA PRASARANA. Nantinya keempat poin ini akan mendapat perhatian khusus untuk segera mendapat perbaikan.

Secara umum, kegiatan ini diharapkan dapat terus meningkatkan kualitas pengelolaan perguruan tinggi. Sehingga acara serupa patut dan perlu dilaksanakan tiap tahun. Untuk itu seluruh civitas akademika Uniga Malang juga diberikan kesempatan untuk menyampaikan pertanyaan dan keluhan seputar pengelolaan perkuliahan. Para dosen dan staf juga meminta saran dari tim wasdalbin jika ada permasalahan yang dihadapi.

Di akhir kunjungan, tim Wasdalbin memberikan saran dari permasalahan yang mereka temukan untuk perbaikan kualitas Uniga Malang. Dalam beberapa waktu berikutnya, tim Wasdalbin akan memberikan waktu agar Uniga Malang melakukan perbaikan, dan setelah batas waktu yang ditentukan tersebut, tim akan kembali me-recheck perkembangan perbaikan yang telah dilakukan. (fan-PTI)