Blog

Prodi Teknik Elektro Universitas Gajayana (Uniga) Malang baru saja divisitasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) untuk tujuan peningkatan akreditasi. Visitasi dilaksanakan mulai tanggal 17 – 19 juli 2016. Tim assessor BAN-PT yang terdiri dari Prof. Dr. Ir. Yanuarsyah Haroen (Institut Teknologi Bandung) dan Prof. Dr. Eng. Ir. M. Ismail Yusuf, MT. (Universitas Tanjungpura) mendatangi Uniga Malang dan disambut dengan baik oleh seluruh sivitas akademika. Tujuan dari diadakannya visitasi ini selain sebagai salah satu kewajiban setiap prodi untuk memenuhi kelayakan program studi dalam menjalankan proses pendidikan yang berkualitas.

Penilaian akreditasi dilakukan terhadap 7 komponen yang meliputi, visi misi dan tujuan, tata kelola dan kelembagaan, mahasiswa dan lulusan, sumber daya manusia (dosen dan tenaga kependidikan), kurikulum, sarana dan prasarana kuliah dan laboratorium serta kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat dan aktivitas kemahasiswaan.

Akreditasi prodi diperlukan sebagai bukti kepada masyarakat umum tentang kemampuan dan komitmen universitas khususnya prodi dalam menyelenggarakan perkuliahan prodi tersebut. Saat ini prodi teknik elektro sedang berupaya untuk mendapatkan peningkatan akreditasi dari BAN-PT. Sebelumnya akreditasi teknik elektro masih akreditasi minimum dan diharapkan dengan adanya visitasi ini akreditasi prodi teknik elektro meningkat ke peringkat “B”.

Dekan Fakultas Teknik & Informasi, Drs. Gunadi, M.Sc., Ph.D berkata, “Kami optimis akan mendapatkan nilai yang baik. Karena segala keperluan untuk peningkatan mutu studi sudah diupayakan dengan maksimal. Semoga harapan kami sesuai dengan hasil yang nanti akan kami dapatkan.”

Lebih lanjut beliau juga menyampaikan minat calon mahasiswa terhadap prodi teknik elektro semakin meningkat di tiap tahun. Beliau pun berharap terjadi peningkatan untuk tahun ini. Terlebih jika ditunjang dengan peningkatan predikat akreditasi prodi.

Ketika ditanya mengenai serapan lulusan di dunia kerja, Drs. Gunadi menyampaikan bahwa banyak mahasiswa yang belum lulus sudah mendapat pekerjaan di bidangnya. Bahkan saat ini tidak sedikit lulusan dari Teknik Elektro Uniga Malang yang bekerja di perusahaan ternama dengan posisi yang bagus. Beberapa di antaranya ada yang bekerja di salah satu perusahaan telekomunikasi di Indonesia, pekerjaan di bidang pemerintahan dan masih banyak lagi. (fan-PTI)