Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Dekan :  Dr. Martaleni, S.E, M.M.                 

Fakultas Ekonomi dan Bisnis  (FEB) UNIGA Malang  memiliki 3 program studi:

  1. Program Studi Akuntansi  
    Ka Prodi : Drs. Anwar Made, M.Si.
  2. Program Studi Manajemen
    Ka Prodi : Drs. Gendut Budi Wahyono, M.Si.
  3. Program Studi Ekonomi Pembangunan–Perbankan
    Ka Prodi : Dra. Ani Nursiswati, M.P.

Visi Fakultas Ekonomi dan Bisnis :

  • Terwujudnya Fakultas Ekonomi yang bermutu dan mampu bersaing di tingkat nasional dalam pengembangan ilmu, pendidikan, dan pembelajaran berbasis teknologi informasi dengan menjunjung tinggi etika dan moral di bidangilmu Ekonomi dan Bisnis pada tahun 2020.

Misi Fakultas Ekonomi dan Bisnis:

  • Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang bermutu di bidang ekonomi dan bisnis untuk menghasilkan lulusan yang memiliki integritas, kompetensi, kemandirian, berkemampuan dalam IPTEK, kemampuan untuk bekerjasama dan menjunjung tinggi etika, serta adaptif terhadap perubahan lingkungan dan berdaya saing secara nasional.
  • Menjadi agen penelitian untuk mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan praktik di bidang ekonomi dan bisnis melalui kegiatan penelitian yang bermanfaat bagi lingkungan dan masyarakat.
  • Menjadi mitra bagi dunia usaha dan dunia industri (DUDI), lembaga masyarakat dan pemerintah melalui program pengabdian kepada masyarakat dalam menyelenggarakan kegiatan-kegiatan nyata di bidang ekonomi dan bisnis berbasis IPTEK dan didasarkan pada kearifan lokal untuk meningkatkan produktifitas, keberdayaan dan kesejahteraan.
  • Menyelenggarakan organisasi yang mengacu pada prinsip-prinsip good governance.

 

Program Studi Akuntansi

Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Gajayana merupakan program studi tertua yang berdiri sejak tahun 1980. Program Studi Akuntansi telah terakreditasi BAN PT dengan nilai “B” berdasarkan SK No. 157/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/VII/2013, tanggal 20 Juli 2013 dan ijin operasional SK No. 7920/D/T/K-VII/2011.

Tenaga pengajar di Program Studi Akuntansi merupakan dosen-dosen yang memiliki kompetensi dan dedikasi yang tinggi dengan latar belakang pendidikan S2 dan S3 Ilmu Akuntansi. Selain sebagai dosen, tenaga pengajar  Program Studi Akuntansi juga merupakan praktisi di bidang akuntansi dan perpajakan, managing partner pada kantor akuntan publik serta praktisi bisnis. Sejumlah dosen Program Studi Akuntansi memiliki sertifikasi sebagai konsultan Pajak (Bersertifikat Konsultan Pajak dari kementerian keuangan), sebagai pendidik serta sebagai akuntan.

Proses belajar mengajar dilaksanakan secara interaktif, dilengkapi dengan sarana laboratorium komputer akuntansi dan perpajakan, ruang baca serta memiliki Pusat Pengembangan Akuntansi dan Perpajakan. Untuk meningkatkan kompetensi dan pengalaman lulusan, Program Studi Akuntansi juga menjalin kerjasama dengan institusi (pemerintah maupun swasta) untuk pelaksanaan kegiatan magang, kuliah kerja profesi maupun kegiatan pemegang kompetensi lainnya.

Program Studi Akuntansi menghasilkan lulusan yang memiliki peluang kerja yang luas. Lulusan Program StudiAkuntansi bisa mengembangkan karier dibidang akuntan internal (akuntan manajemen), auditor, analis keuangan, pengembangan sistem informasi akuntansi, konsultan manajemen, konsultan pajak, akuntan pendidik dan masih banyak bidang lainnya.

Lulusan Program Studi Akuntansi memiliki gelar Sarjana Ekonomi (SE) dan bisa mendapat gelar tambahan sebagai akuntan berregister (SE., AK) dengan menempuh minimal 24 SKS pada program pendidikan tambahan di Pendidikan Profesi Akuntan (PPA).

Lulusan Program Studi Akuntasi banyak bekerja pada sektor perusahaan swasta, sektor pendidikan (guru dan dosen), BUMN/BUMD, perbankan, kantor akuntan publik, konsultan pajak, kantor pajak, pemerintahan, asuransi serta bekerja secara mandiri dengan bekal kewirausahaan yang diperoleh.

Visi:

  • Menjadi Program Studi yang bermutu dalam pengembangan ilmu dan pendidikan bidang akuntansi dengan menjunjung tinggi integritas  serta mampu bersaing di tingkat nasional pada tahun 2020

Misi:

  • Bidang Pendidikan.

Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang bermutu di bidang akuntansi untuk menghasilkan lulusan yang memiliki integritas dan kompetensi serta berdaya saing secara nasional.

  • Bidang Penelitian.

Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan praktik di bidang akuntansi melalui kegiatan penelitian yang bermanfaat bagi lingkungan dan masyarakat.

  • Bidang Pengabdian Masyarakat.

Menyelenggarakan kegiatan-kegiatan nyata di bidang akuntansi yang bermanfaat bagi masyarakat untuk meningkatkan produktifitas, keberdayaan dan kesejahteraan.

  • Bidang Kelembagaan

Menyelenggarakan Program Studi yang mengacu pada prinsip-prinsip Good Governance.

Program Studi Manajemen

Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Gajayana berdiri sejak Tahun 1980. Berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi, Nomor : 28/BAN-PT/ AK – XII / S1/IX/2009,Program Studi Manajemen terakreditasi dengan peringkat “B”berlaku sampai dengan Tanggal 16September 2014.Berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor : 7919/DIT/K-VII/2011, Program Studi Manajemen juga telah mendapatkan perpanjangan Ijin Operasional  yang berlaku sampai dengan Tanggal 13 Nopember 2015.

Program Studi Manajemen berupaya memberikan kontribusi secara optimal dengan menghasilkan para lulusan berkompetensi dalam bidang manajerial dan entrepreneur serta  kreativitas yang mampu bersaing secara profesional untuk memberikan kontribusi kepada masyarakat secara luas.

Upaya-upaya pengembangan dan peningkatan standar akademik menjadi satu komitmen yang selalu ditegakkan melalui:

  1. Proses pembelajaran yang seluruhnya dibina oleh tenaga dosen yang bergelar Magister (S-2) dan Doktor (S-3)lulusan dalam dan luarnegeri.
  2. Laboratorium manajemen dibidang kewirausahaan, pemasaran, operasional, keuangan dan Manajemen Sumber Daya Manusia yang berorientasi pada praktek bisnis, dibimbing oleh instruktur/praktisi yang profesional.

Peluang lulusan Program Studi Manajemen dapat berkarir dibidang: konsultan manajemen, profesional di perusahaan BUMN/BUMS, akademisi dan wirausahawan mandiri yang mampu membangun bisnis dan membuka lapangan pekerjaan baru.

Visi :

  • Menjadikan Program Studi Manajemen sebagai pusat pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan bidang manajemen untuk menghasilkan sarjana manajemen yang unggul serta memiliki budi pekerti luhur.

Misi :

  • Bidang pendidikan dan pembelajaran

Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran  dibidang manajemen untuk menghasilkan sarjana manjemen yang unggul, sehingga mampu bersaing.

  • Bidang Penelitian

Menyelenggarakan penelitian untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dibidang manajemen yang bermoral dan beretika dengan memanfaatkan teknologi.

  • Bidang Pengabdian

Menerapkan karya-karya nyata dibidang manajemen melalui penyelenggaraan melalui penyelenggaraan pengabdian kepada masyarakat yang bermoral dan beretika, untuk meningkatkan pengetahuan dan kesejahteraan masyarakat. 

 

Program Studi Ekonomi Pembangunan

Program Studi Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Gajayana diselenggarakan sejak tahun 1987. Program Studi Ekonomi Pembangunan terakreditasi BAN PT, SK No. 145/SK/BAN-PT/Akred/S/V/2014dengan nilai Akreditasi “B”, berlaku sampai dengan 20 Mei 2019.

Program Studi Ekonomi Pembangunan menyelenggarakan proses belajar mengajar dengan mengacu pada kurikulum berbasis kompetensi. Dilengkapi dengan laboratorium perbankan, laboratorium ekonometri diharapkan dapat memotivasi para lulusan untuk berpartisipasi dalam kinerja pembangunan nasional, utamanya industri perbankan syariah dan konvensional.

Dalam pelaksanaan proses belajar mengajar para mahasiswa akan diajar oleh praktisi perbankan, pengamat ekonomi, pengusaha sukses, serta alumni yang berhasil (sebagai Dosen tamu). Disamping itu mahasiswa didampingi dosen Universitas Gajayana   melakukan studi banding ke instansi perbankan syariah dan konvensional sebagai penambahan wawasan.

Para dosen pada Program Studi Ekonomi Pembangunan  memiliki kompetensi akademis dan profesional. Semua dosen tetap program studi bergelar Master  dan Doktor. Selain perbanakan dosen-dosen tersebut juga memberikan motivasi kepada mahasiswa untuk bekerja dibidang lainnya misalkan Analis Ekonomi, Lembaga Keuangan Non Bank, Peneliti.

Visi :

  • Menjadi Program Studi Ekonomi Pembangunan yang yang bermutu dalam pengembnagn ilmu dan pendidikan serta pembelajaran bidang Ekonomio Pembangunan yang berbasis teknologi informasi dengan menjunjung tinggi integritas serta mampu bersaing di tingkat nasional pada tahun 2020

Misi:

  • Bidang Pendidikan: Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang bermutu dibidang Ekonomi Pembangunan untuk menghasilkan lulusan yang kompeten, bermutu, beretika, mampu berkembang dengan memanfaatkan IPTEK, diterima oleh masyarakat dan memiliki daya saing hingga tingkat nasional.
  • Bidang Penelitian: Menyelenggarakan pendidikan dalam bidang Ekonomi Pembangunan yang mampu mendukung pengembangan kemampuan berpikir kritis, analitis dalam pengembangan ilmu pengetahuandan praktek yang bermanfaat bagi institusi dan lingkungan.
  • Bidang Pengabdian Kepada Masyarakat: Melaksanakan kegiatan-kegiatan bidang ekonomi yang bermanfaat bagi masyarakat untuk kepentingan produktivitas.
  • Bidang Kelembagaan: Menyelengarakan Prodi yang mengacu pada prinsip-prinsip good governance