Blog

Teringat salah satu judul lagu anak-anak, Libur tlah tiba. Lagu ini menggambarkan suasana di Universitas Gajayana Malang. sebab, per tanggal 20  Januari 2020, Uniga memasuki liburan semester ganjil. Maka berakhir pula kegiatan efektif pembelajaran semester ganjil. Libur UAS semester ini akan berlangsung hingga 9 Maret 2020. Namun setiap prodi memiliki ketetapan libur yang berbeda-beda sesuai kebutuhan. 1 minggu setelah ujian UAS masih banyak ditemui mahasiswa yang berada di kampus untuk mengumpulkan tugas untuk matakuliah tertentu.

Namun, kampus juga diisi dengan mahasiswa akhir yang sedang bimbingan tugas akhir/skripsi. Sehingga praktis kampus terasa cukup melompong.

Untuk libur semester ini semester pendek tidak ada, hal ini diperkuat dengan tidak dicantumkan di info akademik. karena semester pendek merupakan kebijakan program studi masing-masing. Hal ini berarti mahasiswa yang ingin mengulang mata kuliah tertentu harus mengulang di semester depan. Seperti pernyataan Bapak Nyoman bagian BAK “Kalau disini disebut semester antara, semester antara ini merupakan kebijakan prodi masing-masing, mau diadakan atau tidak, namun selama ini tidak pernah ada prodi yang mengadakan semester antara ini. Semester pendek diadakan biasanya bila terdapat keterlambatan studi mahasiswa.”.

Untuk informasi Kartu Hasil Studi (KHS) dapat diakses online melalui web Uniga. Untuk KHS belum dapat dipastikan waktunya. KRS di Universitas Gajayana pada semester ini masih dilaksanakan offline, namun bagian akademik mengusahakan akan melakukan KRS secara online pada semester genap. ”Saat ini kita berusaha agar KRS dapat dilakukan secara online, jika nanti bisa dilakukan secara online maka kita akan melaksanakan sosialisasi dengan mahasiswa”.

KRS online merupakan harapan mahasiswa Uniga, terutama untuk mahasiswa yang rumahnya jauh “Saya berharap KRS di Uniga dapat dilaksanakan secara online, karena rumah saya jauh dan pelaksanaannya sebelum libur semester berakhir” tutur Gusti Ayu Gita, salah satu mahasiswa Uniga.  

17-29 Februari 2020 merupakan pelaksaan her registrasi, pada saat ini  pula pelaksanaan her registrasi bisa dilakukan offline dengan membayar sesuai dengan gelombang pendaftaraan mahasiswa. Bukti pembayaran herregistrasi ini dapat diserahkan saat memasuki kegiatan pembelajaran. Untuk her-registrasi sendiri Universitas Gajayana masih mengusahakan akan juga dapat melaksanakan online, dan saat ini masih akan mengajukan MOU dengan bank terkait her registrasi online.