Blog

Berdasarkan Permendikti, Audit Mutu Internal (AMI) menjadi sebuah keharusan bagi setiap universitas, tidak terkecuali Universitas Gajayana Malang. Keharusan ini terdapat dalam salah satu syarat Borang 9 standar yang harus memiliki SPMI (Sistem Penjaminan Mutu Internal) dan AMI berada di dalamnya. Itulah yang melandasi pimpinan Uniga Malang melaksanakan pelatihan AMI bagi calon auditor Uniga Malang. Para peserta yang terdiri dari dosen Uniga Malang ini berlangsung selama 2 hari mulai Jumat (170120) hingga Sabtu (180120).

Praktek audit mutu internal secara berkelompok
praktek audit mutu internal secara berkelompok

Antusias dari para peserta tertampak pada keikutsertaan mereka. Sebanyak 31 peserta hadir dan mengikuti setiap pelatihan sampai selesai. Bahkan di hari pertama, pelatihan yang dimulai pukul 09.00 berakhir hingga pukul 20.00 malam. Dan para peserta masih on fire meski badan letih. Keesokan harinya pun, pelatihan sudah dimulai kembali pada pukul 08.00 pagi dan banyak peserta yang hadir sebelum jadwal dimulai.

“Menjadi auditor bisa menjadi sebuah profesi yang membanggakan dan menghasilkan, sebab sertifikat yang nanti akan didapat oleh anda semua dapat dipakai tidak hanya di sini tetapi juga di luar (red: instansi selain uniga malang),” tutur Bapak Dr. Fx Bakti Hendra Kusuma, S.Si., M.M. Apt selaku nara sumber dari UpQuality Training & Consultant.

Workshop yang lebih mengutamakan pada tataran praktek ini berlangsung lancar hingga menjelang final test. Final test dilaksanakan setelah praktek AMI dilaksanakan oleh setiap peserta. Final test ini nanti yang akan menentukan penilaian akhir dari seluruh pelaksanaan pelatihan. Serta menjadi sebuah syarat bagi peserta untuk mendapatkan sertifikat dari UpQuality Training & Consultant.

Wakil Rektor (Warek) 1 Uniga Malang, Dr. Umi Muawanah, S.E., M.Si., Ak., CA. berharap, “Semoga pelatihan ini mampu mencetak auditor mutu internal yang handal untuk membantu menggali ruang peningkatan mutu di Uniga Malang. Selain itu dapat meningkatkan jumlah auditor mutu internal terlebih di kalangan Uniga Malang.” (fan-PTI)