Blog

KOTA MALANG – Kreativitas tanpa batas. Itulah yang ditunjukkan mahasiswa prodi Ilmu Komunikasi Universitas Gajayana (Uniga) siang ini (12/11).

Para mahasiswa rela mencari pinjaman hingga membuat sendiri kostum ‘out of the box’ untuk mengikuti ujian tengah semeater (UTS) mulai 11-14 November.

Salah satunya Gus Muhdor, mahasiswa semester 1 yang memakai kostum ala timur tengah. Dengan gamis dan sorban yang menutupi bagian kepalanya. Sorban itu diikat dengan kain warna merah seperti yang dikenakan Liu Kang (tokoh game/film Mortal Kombat).

“Iya sebenarnya mau gaya Liu Kang tadi. Sudah ada kostum sama ikat kepala, tapi nggak ada caping hitamnya. Ya sudah jadinya pakai gamis, cuma ikat kepalanya tetap pakai Liu Kang,” cerita Muhdor, Selasa (12/11).

Menurutnya, ide kostum nyeleneh saat ujian ini sangat bagus. “Ini melatih mental. Bayangin aja pakai baju aneh gini dari rumah. Orang-orang di jalan lihatin aku udah gimana gitu,” ungkapnya.

Sementara Natalia Albine yang juga mahasiswa semester 1 lebih memilih mengenakan kostum buatannya sendiri. Ia menggunakan kostum adat dayak yang dibuat dari kain katun dan kain flanel untuk motifnya.

“Saya modal Rp 50 ribu aja buat kostumnya. Dari awal pengumuman UTS harus pakai baju out of the box ini saya langsung kepikiran pakai baju adat dayak. Biar temen-temen tau dan cinta kebudayaan Indonesia juga,” paparnya.

Ketua Prodi Ilmu Komunikasi Uniga, Eko Budi Siswandoyo mengatakan ide ini muncil untuk melatih kepercayaan diri mahasiswa. Serta melatih mahasiswa memunculkan ide kreatif dan inovatif.

“Kami sudah lakukan kajiannya untuk hal seperti ini. Mahasiswa itu nggak bisa kuliah serius lalu pulang. Mereka butuh ruang kebebasan berkreasi seperti ini, dan melatih otaknya enjoy,” tegasnya.

Sumber berita: https://radarmalang.id/pakai-baju-adat-hingga-cosplay-inilah-gaya-unik-mahasiswa-uniga-saat-uts/