Blog

Malang:Universitas Gajayana (Uniga) Malang tahun ini memiliki 26 mahasiswa asal Papua. Para mahasiswa dari Bhumi Cendrawasih tersebut tak kalah dengan mahasiswa dari daerah lainnya, produktif mencetak prestasi di sela-sela kegiatan akademik.

Rektor Uniga Malang, Dyah Sawitri mengatakan, mahasiswa Papua sering dilibatkan dalam berbagai kegiatan kampus. Salah satunya untuk menjadi petugas pengibar bendera saat upacara 17 Agustus.

“Kemarin waktu upacara 17 Agustus itu, dua pengibar benderanya dari mahasiswa Papua,” katanya saat ditemui Medcom.id, Rabu, 21 Agustus 2019.
Keduanya mahasiswa tersebut yakni Lukas Oagay dan Roni Marian. Kedua mahasiswa yang tergabung dalam Resimen Mahasiswa (Menwa) Uniga itu sama-sama berasal dari Kabupaten Jayawijaya, Papua.

“Upacara 17 Agustus ini diikuti oleh seluruh sivitas akademika Uniga. Mulai dari pegawai, dosen dan mahasiswa,” ujarnya.

Dyah menambahkan, para mahasiswa Papua di kampusnya juga aktif mengikuti organisasi. Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang sering diikuti mahasiswa Papua antara lain Menwa, Futsal, Pecinta alam, Korps sukarela, dan musik.

Bahkan Uniga juga memiliki seorang mahasiswi asal Papua yang berprestasi di bidang musik. Dia adalah Yedya Kezia Valentine Suwarso.

“Kezia itu bagus suaranya, juga cantik. Sering ikut lomba dan nyanyi di mana-mana. Kalau ada kegiatan kampus ya dia yang selalu mengisi panggung,” beber Dyah.

Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Aptisi) Malang itu juga mengaku bahwa mahasiswa asal Papua di Uniga sering kali mengadakan kegiatan sosial. Kegiatan tersebut biasanya diadakan langsung di dalam kampus.

“Mereka sering pinjam gedung di Uniga untuk kegiatan sosial. Ya selalu kami pinjamkan selama sedang tidak digunakan,” tuturnya.

Selama ini, mahasiswa Papua tak pernah berbuat ulah di Uniga. Pasalnya, hubungan antarmahasiswa di kampus yang bekerja sama dengan OSC Medcom.id ini selalu berjalan dengan baik.

“Mahasiswa Papua baik-baik saja di sini. Rasa hormat mereka itu luar biasa. Mereka juga kreatif juga disiplin dan kami bangga memiliki mereka,” pungkasnya

(CEU)

Sumber:
https://www.medcom.id/pendidikan/news-pendidikan/ob3xXA8k-mahasiswa-papua-di-uniga-rajin-cetak-prestasi?utm_source=apps_android&utm_medium=share&utm_campaign=share