Blog

Universitas Gajayana (Uniga) Malang memastikan diri bergabung kembali di program beasiswa dari Online Scholarship Competition (OSC) Medcom.id yang tahun ini memasuki tahun kelima penyelenggaraannya. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, Uniga menilai program OSC senapas dengan visi misi Uniga dalam memajukan pendidikan bangsa.

“Kami pasti ikut OSC lagi, selama program itu untuk anak bangsa. Dengan bergabung bersama OSC Medcom.id juga menjadi bagian pengabdian Uniga untuk Indonesia,” kata Rektor Universitas Gajayana (Uniga) Malang, Dyah Sawitri, Kamis 25 April 2019.

Uniga sendiri sudah bekerja sama dengan OSC Medcom.id selama dua tahun terakhir. Jumlah mahasiswa yang didapat dari beasiswa OSC Medcom.id ini sebanyak 40 mahasiswa, masing-masing 20 mahasiswa per tahun. 
“Biaya yang dikeluarkan untuk 20 mahasiswa itu banyak bila dihitung. Tapi kami bukan menghitung uangnya. Karena program beasiswa OSC Medcom.id ini demi memajukan kemampuan pengetahuan anak Indonesia,” ungkapnya.

Baca: Jebolan OSC Medcom.id di Unisma Pelopori UKM Baru

Sebelumnya, pada Senin, 22 April 2019 lalu, tim Review OSC Medcom.id bersilaturahmi ke Uniga untuk menawarkan perpanjangan kerja sama beasiswa. Uniga pun menyambut positif keberlanjutan kerja sama tersebut.

Dyah menjelaskan jumlah peminat beasiswa di Uniga melalui OSC Medcom.id dari tahun ke tahun selalu tinggi. Bahkan tahun lalu ada sekitar 2.000 pendaftar dari seluruh Indonesia yang mendaftar beasiswa ini di kampusnya melalui OSC.

“Dari ribuan peminat itu kemudian disaring melalui berbagai tahapan dan dipilih 20 mahasiswa terbaik. Yang ikut mulai dari Jakarta, luar Jawa sampai Kalimantan. Mereka semua antusias sekali,” terangnya.

Untuk tahun ini, OSC Medcom.id tak hanya memberikan beasiswa berupa uang pangkal dan SPP (Sumbangan Pembinaan Pendidikan) saja. Namun juga memberikan tunjangan hidup atau living cost kepada mahasiswa yang membutuhkan.

“OSC Medcom.id mau memberikan bantuan subsidi living cost kepada mahasiswa korban bencana seperti di Palu atau di Lombok beberapa waktu lalu. Harapannya, beasiswa ini dapat membantu anak-anak berprestasi yang secara ekonomi butuh bantuan,” terangnya.

Untuk diketahui, OSC adalah Kompetisi beasiswa online pertama di Indonesia yang diinisiasi dan diselenggarakan oleh portal berita dan video Medcom.id yang bernaung di bawah kelompok usaha Media Group. Beasiswa OSC hadir untuk memberikan kemudahan bagi putra putri Indonesia, agar dapat melanjutkan pendidikan hingga S1, dengan menggunakan beasiswa yang diberikan perguruan tinggi swasta yang bekerja sama dengan OSC.

Dengan OSC pencari beasiswa tidak perlu lagi datang untuk mendaftar dan mengikuti tes ke kampus atau universitas yang dituju secara langsung. Dengan sistem online, OSC mempersingkat dan mempermudah keseluruhan proses, mulai dari pendaftaran, hingga tes tahap awal dilakukan melalui sistem online.

Jumlah pendaftar OSC Medcom.id terus meningkat. Di 2018 misalnya, mengalami kenaikan dari 42 ribu peserta di 2017, menjadi tak kurang dari 54 ribu peserta di penyelenggaraan 2018. Selain jumlah peserta, jumlah perguruan tinggi pemberi beasiswa juga mengalami peningkatan, dari 12 kampus di 2017 menjadi 18 kampus yang bergabung memberikan beasiswa di 2018.

Sumber:
https://www.medcom.id/pendidikan/news-pendidikan/lKY6nVXN-rektor-uniga-kami-pasti-ikut-osc-lagi