Badan Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (BP3M) merupakan lembaga internal kampus yang bertugas untuk :

  • Memprakarsai, mengkoordinir, mengarahkan dan melaksanakan penyusunan dokumen mutu (dokumen induk/ normatif, dokumen mutu/ operasional), dalam rangka penyelenggaraan Tridharma PT dan Sistem Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi (SPM-PT).
  • Merencanakan, melaksanakan dan mengkoordinasikan kegiatan monevin dan pengembangan terhadap penyelenggaraan Tridharma PT dan Sistem Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi (SPM-PT) agar dapat memenuhi standar mutu pengelolaan pendidikan tinggi.
  • Mengarahkan penyelenggaraan pendidikan dan sistem penjaminan mutu (SPMI, SPME) serta PDPT UNIGA dan PDPT Nasional (Dikti), dapat terpadu, dengan sasaran kedepan untuk  peningkatan peringkat Akreditasi Program Studi (APS) dan Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT).
  • Membantu Rektor menentukan kebijakan, perencanaan, pertimbangan dan arahan terhadap usul Fakultas/ Program Pascasarjana untuk membuka program studi baru dan/ atau menutup program studi, laboratorium, studio.
  • Selaku Audit Panel, merencanakan dan mengkoordinir kegiatan monevin & pelaksana Audit Mutu Internal (AMI) dengan tugas dan tanggung jawab : membuat program audit mutu tahunan, membuat rencana dan jadwal audit, menetapkan Tim Audit, mengkoordinir pelaksanaan audit, membuat Laporan AMI, memantau, menevin tindak lanjut pelaksanaan audit.
  • Meninjau ulang kurikulum program studi secara periodik, untuk rencana pengembangannya, bersama pemangku kepentingan internal dan eksternal, berdasarkan hasil kajian/ monevin yang ditinjau relevansinya terhadap pencapaian visi, misi, standar mutu, kompetensi lulusan (learning outcomes), perkembangan Ipteks, pembangunan nasional dan kepentingan stakeholders.
  • Mengupayakan peningkatan dan pengembangan mutu Dosen dalam kegiatan Tridharma PT.
  • Melaksanakan rencana pengembangan pendidikan berdasarkan hasil kajian terhadap penyelenggaraan pendidikan di fakultas, jurusan/ program studi, pascasarjana, pada kondisi berjalan (existing system) dalam rangka peningkatan mutu pendidikan, yang profesional dan efisien.
  • Melaksanakan pengembangan standar mutu dan standar audit di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.