Universitas Gajayana, merupakan salah satu perguruan tinggi swasta di Malang yang didirikan oleh Yayasan Pendidikan Gajayana.

Universitas Gajayana diawali dengan berdirinya sebuah Akademi Manajemen Perusahaan dan Akuntasi Malang pada tahun 1980. Empat tahun sesudah itu akademi ini ditingkatkan menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gajayana Malang. Selanjutnya mulai pada tanggal 28 Oktober 1986 statusnya berubah menjadi Universitas Gajayana hingga sekarang.

Saat ini, dalam perjalanannya, Universitas Gajayana telah memiliki 3 (tiga)  fakultas yaitu Fakultas Ekonomi dan Bisnis,  Fakultas Teknik dan Informatika, dan Fakultas Ilmu Sosial dan Budaya. Selain itu terdapat Program Pascasarjana yaitu Program Magister dan juga Program Profesi Akuntansi (PPA) .

Dalam usianya yang genap berusia 34 tahun Universitas Gajayana telah memliki 3 fakultas dan 11 (sembilan) program studi dan telah meluluskan sebanyak 9160 yang terdiri dari 8420 Sarjana ( S1 ) dan 740 Program Pasca Sarjana ( S2 )  dalam pengembangannya kami senantiasa melakukan pengembangan dan pembaruan sesuai dengan visi dan misi pendidikan tinggi.

Langkah ini merupakan perwujudan visi Universitas Gajayana Malang yang mengedepankan pelayanan terbaik bagi mahasiswa.

Semboyan We Give the Best  adalah bukti keseriusan Universitas Gajayana untuk mengantar mahasiswa mempunyai daya saing yang tinggi

Komitmen kami adalah memberikan pelayanan terbaik bagi mahasisawa, kami selalu melakukan inovasi proses pembelajaran, sarana dan prasarana pendidikan untuk mencapai keunggulan kompetensi lulusan.

Untuk meningkatkan proses belajar mengajar, kami mendesain kurikulum berbasis kompetensi yang adaptif dengan tuntutan stakeholders. Sementara itu untuk menjaga mutu lulusan telah dibentuk tim Penjaminan Mutu dan Audit Akademik Internal.

Kelengkapan sarana bagi ajang pengasahan bakat, minat dan kreatifitas mahasiswa serta didukung oleh tenaga pengajar yang mayoritas bergelar S2 dan S3.

Gedung kuliah yang representatif, perpustakaan dengan koleksi buku yang lengkap terbitan terbaru, laboratorium bahasa Inggris, laboratorium komputer dan internet hotspot area, serta tersedianya Asrama Mahasiswa, Poliklinik, dan sarana pengembangan bakat/minat mahasiswa.