RESIMEN MAHASISWA SATUAN 872 / VWC

RESIMEN MAHASISWA SATUAN 872 VIYATA WIRA CENDIKIA, BERTEMPAT DI UNIVERSITAS GAJAYANA MALANG. MENWA 872 BERDIRI SEJAK 23 NOVEMBER 1988.

Menwa adalah salah satu unit kegiatan mahasiswa (UKM) di Perguruan Tinggi yang merupakan wadah bagi mahasiswa untuk menerapkan fungsi bela negara dengan dilengkapi ilmu olah keprajuritan serta belajar akademik secara rutin dan disiplin agar tercapai tujuan membentuk karakter, kepribadian, wawasan, pengetahuan dan fisik yang unggul. Menwa juga merupakan salah satu organisasi kemahasiswaan nasional terbesar di negara kita tercinta indonesia.

Kehidupan dunia pada era globalisasi dimana setiap peristiwa disuatu negara menjadi perhatian dan konsumsi Internasional yang telah meresap dalam kehidupan masyarakat, demikian halnya dengan Indonesia tidak luput dari pantauan dunia Internasional. Untuk menjaga tetap tegaknya NKRI pada era globalisasi sekarang ini, kesadaran bela negara serta jiwa nasionalisme merupakan materi yang lebih tepat dibina serta dikembangkan karena merupakan kunci perekat antar masyarakat, antar agama, antar budaya serta antar daerah. Oleh karena itu dalam rangka pembinaan dan pengembangan kesadaran bela negara bagi setiap komponen masyarakat salah satunya dilaksanakan melalui kegiatan peningkatan kesadaran bela negara khususnya kepada generasi muda sebagai penerus bangsa.

Peningkatan Kesadaran Bela Negara merupakan bagian penting dari Ketahanan Nasional yang berfungsi untuk meningkatkan motif moral. Motif moral menjadi gambaran kecerdasan sosial dalam wujud kemampuan mengamati dan mengawasi secara komprehensif. Kemampuan ini berguna untuk menumbuhkan kemampuan partisipatif warga negara dalam wujud kemampuan melakukan kontrol sosial yang dilandasi nilai moral kebangsaan.

Resimen Mahasiswa 872 UNIGA Malang sebagai salah satu wadah yang berperan dalam membentuk jiwa dan karakter generasi bangsa yang handal, berwawasan kebangsaan, penuh kreativitas dan dedikasi untuk menyongsong hari depan yang lebih baik. Kesadaran bela negara lebih terfokus dan bersifat universal serta penerapannya lebih fleksibel sesuai kepentingan Nasional dan perkembangan jaman yang berorientasi pada kepentingan, kebutuhan situasi dan kondisi perkembangan masyarakat, sehingga terwujud warga negara Indonesia yang memiliki kesadaran bela negara, berbangsa dan bernegara serta cinta tanah air.

Dengan demikian pembinaan Resimen Mahasiswa 872 UNIGA Malang yang di dalamnya sudah memuat kesadaran bela negara, diarahkan untuk membentuk dan mengembangkan kepribadian yang memiliki jiwa kebangsaan dan cinta tanah air, serta memiliki kesadaran dalam pembelaan negara sebagai upaya membangun sumber daya manusia Indonesia seutuhnya, juga sebagai prasyarat dalam membangun sistem pertahanan negara.

VISI

Menjadi Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang handal dan professional dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan khususnya dalam bidang Pertahanan dan Keamaan yang berlandaskan pada Pancasila, UUD 1945, Panca Dharma Satya, dan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Menyiapkan Mahasiswa sebagai generasi intelektual Bangsa dan warga negara yang dibekali kemampuan dan pengetahuan olah keprajuritan untuk pembelaan Negara, serta keterampilan lain yang dimanfaatkan untuk masyarakat luas.

MISI

  • Menghasilkan SDM yang unggul dalam bidang HanKam, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak tinggi, dan berbudaya Indonesia.
  • Mempersiapkan mahasiswa yang memiliki pengetahuan, sikap disiplin, fisik dan mental serta berwawasan kebangsaan agar mampu melaksanakan tugas Tri Dharma Perguruan Tinggi dan menanamkan dasar-dasar kepemimpinan dengan tetap mengacu pada tujuan pendidikan nasional.
  • Merencanakan, mempersiapkan dan menyusun seluruh potensi mahasiswa untuk memantapkan ketahanan nasional, dengan melaksanakan usaha dan atau kegiatan bela negara.
  • Menjalin dan membina hubungan kerja sama yang baik dengan berbagai pihak demi tercapainya persatuan dan kesatuan bangsa.
  • Memberdayakan manusia muda (MENWA) menuju transformasi manusia dewasa yang kompeten, yang memiliki hati nurani dan yang mempunyai kepekaan untuk berani melibatkan diri pada hidup dan perjuangannya.
  • Menguatkan identitas kebangsaan terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Membentuk Mahasiswa yang memiliki mental dan fisik yang tangguh, berdisiplin tinggi sebagai kader Bangsa.
  • Melatih oleh keprajuritan dalam rangka mempersiapkan potensi dalam bidang pertahanan Negara. Menumbuhkan sifat teladan bagi seluruh individu dimanapun berada dalam upaya menciptakan kondisi lingkungan yang aman dan kondusif.
KEGIATAN MENWA
Kegiatan Berjenjang MENWA
1. PENDIDIKAN DAN LATIHAN DASAR MENWA (DIKLATSAR)
2. KURSUS KADER PELAKSANA (SUSKALAK)
3. KURSUS KADER PEMIMPIN (SUSKAPIN)
Kegiatan Lain
1. SURVIVAL DASAR
2. LINTAS MEDAN
3. NAPAK TILAS
4. KURSUS PELATIH NASIONAL (SUSPELATNAS)
5. KURSUS PEMBINAAN MENTAL NASIONAL (SUSBINTALNAS)
6. MAHIR MENEMBAK PISTOL DAN SENAPAN
7. KURSUS DINAS STAF (KDS)
8. PENDIDIKAN PROVOOST (DIKPROV)
9. PENDIDIKAN POLISI RESIMEN (DIKPOLMEN)
10. SEARCH AND RESCUE (SAR)
11. PENANGGULANGAN BENCANA
12. BAKTI SOSIAL KE PANTI ASUHAN
13. UPACARA PERINGATAN HUT KAMPUS
14. UPACARA 17 AGUSTUS
15. UPACARA HUT TNI, DAN SEBAGAINYA

SUSUNAN PENGURUS

SAT MENWA 872/VWC UNIVERSITAS GAJAYANA MALANG

PERIODE 2016-2017

Pelindung : Rektor Universitas Gajayana Malang
Penasehat : Wakil Rektor 2 Bidang Kemahasiswaan
Pembina Teknis : Ka. Bagian Kemahasiswaan
Penasehat Satuan : Yusuf V. Tatiorim
Komandan Satuan : Frengki Alua
Ka. UrDiklat : Ilmen Seprayanus Motoku
Ka. Sekretariatan : Alberamory Torang
Danpokma : Asmaul Bahri
Ass. Pokma : Neti Kurniawati
Ka. UrMinlogben : Novi Yuliyati
Ass. Logben : Rosita Eliyati
Ka. UrKhusus : M. Nurandika
Ass. Teritorial : Yoga Andika

FOTO-FOTO MENWA

Kegiatan Bakti Museum Menwa dan Alumni Menwa IMG_2489 10626560_669706109780703_331578959289749227_n Ahok-Inspeksi-475