KELUARGA MAHASISWA PENCINTA ALAM ‘85

UNIVERSITAS GAJAYANA MALANG

TUHAN BESERTA ORANG ORANG BERANI

SEJARAH

KAPA’85 yang merupakan singkatan dari (Keluarga Mahasiswa Pecinta Alam ’85) adalah organisasi atau unit kegiatan mahasiswa yang pertama kali berdiri sebelum unit kegiatan mahasiswa lainya ada di Universitas Gajayana terbentuk. Didirikan pada tanggal 30 maret 1985 di puncak gunung panderman pada pukul 00.00 WIB oleh perintis yang berjumlah 27 orang mahasiswa,pada waktu itu Univ. Gajayana malang masih bernama STE (Sekolah Tinggi Ekonomi) Gajayana Malang.

Kepengurusan pertama terbentuk dari ide 2 mahasiswa STE Gajayana saat itu, yaitu Gatot Priyo W. dan Aris Imam W. Dengan didukung oleh 25 Mahasiswa/i STE Gajayana Malang dan sebagai Ketua umum pertama: Aris Imam W. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan pada waktu itu masih dalam bidang Mountenering saja, seperti: Pendakian Gunung, Turun Tebing dan Jungle Treking.

Dalam perkembangannya, KAPA’85 berkembang semakin pesat dalam usianya yang ke XXXI tahun ini, Baik dari segi kwalitas dan kwantitas anggota serta equipment (peralatan) pendukung kegiatan. Banyak pendidikan atau latihan tingkat ketrampilan dan pengetahuan anggota KAPA’85 guna menambah ketrampilan dan pengetahuan anggota KAPA’85 yang saat ini memiliki devisi-devisi seperti: Mountenering, Rock Climbing, Caving, dan Orad mengalami kemajuan semakin pesat.

1.Mauntenering (Gunung Hutan)

Dalam bidang ini, KAPA’85 telah melakukan pendakian kepenjuru wilayah indonesia. Seperti Titian 7 (tujuh) Puncak, KAPA’85 menaklukkan 7 puncak di pulau jawa yaitu: Gunung Gede, Gunung Pangrangao, G. Slamet, G. Ciremai, G. Sindoro, G. Sumbing dan G. Merbabu. Kemudian dilanjutkan dengan pendakian-pendakian lainya seperti ke G. Lawu, G. Semeru, G. Raung, G.Argopuro, G. Ijen dan G. Rinjani dan satu gunung di malaysia

2.Rock Climbing (Panjat Tebing)

Dalam bidang ini, KAPA’85 telah melakukan pemanjatan ke berbagai daerah seperti: Pemanjatan Tebing Watu Limo di Trenggalek, Tebing Sepikul di Jember, Tebing Citatah di Bandung dan Tebing Lembah Kera di Malang dan Tebing Nunggal di Cibinong dan masih banyak lagi. Dan KAPA’85 juga memiliki Wall Climbing yang merupakan solusi bagi mereka yang ingin memnjat tanpa perlu pergi ketebing.

3.Caving (Susur Gua)

Dalam bidang ini anggota KAPA’85 telah melakukan penelusuran ke berbagai gua yang ada di Jawa timur dan sekitarnya seperti Goa Cilalai di Cibinong, Goa Ciguguluk di Cibinong, Goa Lawa di Blitar dan berbagai gua di sekitar Malang selatan.

4.Orad (Olah Raga Arus Deras)

Dalam ini, merupakan kegiatan yang termasuk baru. Olah raga ini baru di perkenalkan pada dekade 90an,walaupun ini termasuk baru tapi angota KAPA’85 sudah pernah menaklukan ganasnya sungai di antaranya ; S.Brantas di Malang, S.Pekalen di Probolinggo, S.Serayu di Jawa Barat dan masih banyak lagi sungai-sungai di indonesia.

Masih banyak lagi kegiatan yang dilaksanakan oleh KAPA’85 seperti: Kemah Bakti Desa, Bakti Sosial, Memberikan pertolongan bagi korban bencana alam, SAR, dan lain-lain.

VISI : Mahasiswa adalah generasi penerus bangsa yang akan menjaga keutuhan indonesia, oleh karna itu VISI KAPA’85: membina dan membentuk mahasiswa yang bertaqwa kepada tuhan yang maha esa dengan menjunjung tinggi almamater, kode etik pencinta alam indonesia dan tri darma perguruan tinggi. Serta berkepribadian luhur, kreatif dan bertanggung jawab atas keselarasan serta keseimbangan alam yang berwawasan linkungan hidup.

MISI : Melaksanakan kegiatan kegiatan yang berhubungan dengan alam sekitar untuk menjaga keseimbangan dan keselarasan antara manusia itu sendiri dengan alamnya, misalnya: penanaman pohon, bersih gunung dsb.

SUSUNAN PENGURUS

KAPA ’85 UNIVERSITAS GAJAYANA MALANG

PERIODE 2016-2017

Pelindung : Rektor Universitas Gajayana Malang
Penasehat : Wakil Rektor 2 Bidang Kemahasiswaan
Pembina Teknis : Ka. Bagian Kemahasiswaan
Ketua Umum : M. Hidayatullah
Sekretaris : Wenze Khrysos H.P
Bendahara : Donna Buhanang
Sie. Diklat : Halim Hiendarto
Sie. Litbang : Supriyadi
Sie. Intern : Eko Febrio H.

FOTO-FOTO KEGIATAN KAPA 85

1 2 3 SAM_1037