Salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi adalah pengabdian kepada masyarakat. Untuk itulah Para dosen yang ada di lingkungan prodi Sistem Informasi (SI) Universitas Gajayana (Uniga) Malang melaksanakan salah satu Tri Dharma ini untuk SMK Taman Ilmu Kromengan Kabupaten Malang. Pengabdian Masyarakat yang dilakukan kali berupa workshop tentang e-learning.

Tema yang diambil dalam pengabdian masyarakat kali ini adalah tentang ‘e-learning Berbasis Moodle Untuk Guru Swasta’. Workshop yang diadakan selama 1 hari penuh pada tanggal 3 Januari 2018 lalu ini benar-benar mendapat antusias yang besar dari para guru SMK tersebut. “Saat ini sekolah memang perlu melakukan pengembangan dalam e-learning nya karena ini merupakan kebutuhan bagi sekolah tersebut.” papar Ichwan Adi Pasetyo sebagai salah satu pemateri.

Selain Ichwan Adi Prasetyo, beberapa dosen lain yang ada di lingkungan prodi SI juga memberi materi seputar tema yang bersangkutan, salah satunya adalah Dekan Fakultas Teknik dan Informasi, Dr. Gunadi.

Dalam workshop tersebut, para guru dibekali dengan tata cara pengup-loadan materi kelas berbasis e-learning. Selain itu juga tentang pengisian dan penghitungan materi kuis yang secara otomatis langsung didapatkan hasilnya saat peserta didik mengikuti kuis tersebut dan beberapa materi lain yang berhubungan dengan e-learning berbasis moodle.

Ke depan, workshop serupa akan dilaksanakan kembali sesuai dengan tingkat kebutuhan dari sekolah tersebut. Dan dalam workshop kali ini diharapkan para guru semakin memahami tata cara dan prosedur penggunaan e-learning juga agar sistem e-learning yang sudah ada di sekolah tesebut dapat semakin dikembangkan. (fan-PTI)