Universitas Gajayana (Uniga) Malang Jalin Kerjasama dengan Empat Perguruan Tinggi Kamboja

Uniga Malang baru saja menyambut tamu dari 4 perguruan tinggi asal Kamboja. Keempatnya adalah Battambang Institute of Technology (BIT), Industrial Technical Institute (ITI), Regional Polytechnic Institute Techno Sen Battambang (RPITSB), dan Regional Polytechnic Institute Techno Sen Takeo (RPITST). Kunjungan 4 perguruan tinggi ini terkait dengan acara APTIKOM yang diadakan di Malang dan Uniga Malang sebagai salah satu anggota APTIKOM.

Keempat perwakilan perguruan tinggi tersebut mengunjungi Uniga Malang pada hari Kamis, 24 November 2016 lalu. Kunjungan ini sehubungan dengan akan dijalinnya kerjasama antara Uniga Malang dengan 4 perguruan tinggi tersebut. Uniga Malang dan 4 perguruan tinggi tersebut telah menandatangi Memorandum of Understanding (MoU) dan Memorandum of Agreement (MoA) pada hari Senin, 21 November 2016 sebelumnya. Penandatanganan ini dilaksanakan di Horison Ultima Hotel Malang. Isi dari kerjasama antara Uniga Malang dan 4 universitas tersebut di antaranya mengenai pengembangan pendidikan di Asia Tenggara, pertukaran dosen dan pelajar, penyusunan kurikulum bersama, dan adanya penyelenggaraan perkuliahan bersama di dua kampus berbeda (dual degree).

Dra. Sri Wahyuni, MA, MA TESOL, PhD mengatakan, “Kerjasama ini terkait dengan upaya pengembangan pendidikan tinggi kedua belah pihak. Nantinya kerjasama akan banyak terkait dengan Fakultas Teknik. Namun di kampus BIT ada jurusan Bahasa Inggris juga, jadi untuk kampus BIT akan bekerjasama dengan Prodi Bahasa Inggris juga.”

Bahkan menurut Ibu Yuni, kerjasama yang memungkinkan dapat direalisasi dengan cepat adalah kerjasama dengan Prodi Bahasa Inggris karena adanya kesamaan bahasa, sedangkan untuk Fakultas Teknik masih diperlukan penyamaan bahasa ajar. Untuk itulah saat ini kedua belah pihak sedang menerjemahkan kurikulum masing-masing untuk saling dipelajari. Hal ini terkait dengan rencana dual degree antara kedua belah pihak.

Antusias Uniga Malang dengan kerjasama ini begitu besar. Ibu Yuni sendiri berkata, “Tentu kami berharap kerjasama ini dapat terjalin dengan baik, bukan sekedar koleksi MoU. Pihak Universitas juga memberi dukungan yang sangat baik mengenai kerjasama ini.” (fan-PTI)