Dalam rangkaian DIES NATALIS Universitas Gajayana Malang ke 36, seluruh mahasiswa dan civitas akademik UNIGA melaksanakan upacara peringatan.  Selain sebagai simbolisasi dilaksanakannya DIES NATALIS UNIGA ke 36, acara ini juga diisi dengan beberapa agenda lain seperti pemberian beasiswa kepada mahasiswa berprestasi,  pemberian penghargaan kepada karyawan dan dosen UNIGA serta pemberian piala dan pembagian hadiah bagi para pemenang Rektor cup 2016.

Barisan Peserta Upacara

Barisan Peserta Upacara

Acara upacara peringatan DIES NATALIS UNIGA ke 36 ini dilaksanakan pada tanggal 20 Mei 2016. Bertempat di parkir timur UNIGA. Upacara ini diikuti oleh seluruh mahasiswa,  dosen serta karyawan UNIGA. Acara yang dimulai sejak pukul 09.00 pagi ini dilaksanakan dengan khidmat dan penuh kekhusyukan. Diawali dengan rangkaian agenda upacara seperti pembukaan,  menyanyikan lagu Indonesia Raya dan sambutan, acara yang dipimpin langsung oleh Rektor UNIGA, Prof. Dr. Dyah Sawitri, SE., M.M ini terlaksana dengan baik dan lancar.

Setiap barisan peserta upacara dipimpin oleh Resimen Mahasiswa (Menwa) UNIGA. Barisan-barisan peserta dibagi dalam barisan mahasiswa, barisan dosen dan barisan karyawan UNIGA. Rektorat dan Dekanat berbaris rapi di bagian depan dengan mengenakan seragam. Untuk agenda menyanyikan lagu Indonesia Raya dihandle langsung oleh tim paduan suaraUNIGA. Tim yang melakukan latihannya dengan rutin ini mampu membuat seluruh peserta upacara menghayati lagu yang dinyanyikan. Terlebih dalam lagu kebangsaan Indonesia Raya tersebut terbersit semangat juang para pahlawan kemerdekaan terdahulu.

Dalam salah satu agenda upacara peringatan DIES NATALIS UNIGA ke 36 ini yakni sambutan yang disampaikan langsung oleh Rektor UNIGA sebagai pimpinan upacara. Beliau menyatakan kebahagiaannya dapat melaksanakan DIES NATALIS UNIGA ke 36 tersebut. Terlebih dengan dapat dilaksanakannya berbagai rangkaian acara untuk memeriahkan gawe UNIGA ini.

Dalam upacara tersebut,  Rektor UNIGA juga memberikan apresiasi luar biasa terhadap mahasiswa berprestasi di tiap-tiap prodi dengan memberikan beasiswa. Total ada 8 mahasiswa berprestasi yang berhak mendapatkan beasiswa tersebut. Beasiswa yang diberikan langsung tersebut diambil dari dana pengembangan mahasiswa. Diharapkan dengan pemberian beasiswa ini dapa tmeningkatkan semangat belajar dan persaingan yang positif bagi seluruh mahasiswa.

Para mahasiswa berprestasi yang mendapatkan penghargaan dengan kategori IPK terbaik adalah;

Prodi Akuntansi, Indah Fatmawati dengan IPK 3,63.

Prodi Manajemen, Tresha Stella dengan IPK 3,90.

Prodi Ekonomi Pembangunan, Sella Wisanggi dengan IPK 3,74.

Prodi Bahasa dan Sastra Inggris, Rika AndiniRetno dengan IPK 3,90.

Prodi Psikologi, Ratnaningsih dengan IPK 3,82.

Prodi Sistem Informasi, Trias Rahayu Wilujeng dengan IPK 3,71.

Prodi Teknik Elektro, Eko Hadi dengan IPK 3,40.

Prodi Teknik Mesin, Ivan Eka Arfiyanto dengan IPK 3,52.

Rektor Uniga (tengah) bersama mahasiswa berprestasi penerima beasiswa

Rektor Uniga (tengah) bersama mahasiswa berprestasi penerima beasiswa

Selain apresiasi kepada mahasiswa, UNIGA juga memberikan penghargaan kepada dosen UNIGA. Penghargaan ini diberikan kepada 2 dosen berprestasi, beliau berdua adalah Dra. Enlik dan Prof. Dr. Ernani. Beliau berdua adalah contoh-contoh dosen yang patut ditiru oleh dosen lain baik dalam hal pengajaran maupun dalam hal perilaku keseharian. Penghargaan ini diharapkan dapat menjadi pemicu semangat di kalangan para dosen untuk memberikan pengabdian dengan sepenuh hati kepada mahasiswa pada khususnya dan kepada UNIGA pada umumnya. Penghargaan kepada dosen diberikan langsung oleh Rektor secara simbolis.

Satu lagi penghargaan juga diberikan pada saat upacara peringatan DIES NATALIS UNIGA ke 36 tersebut adalah penghargaan dalam kategori karyawan UNIGA. Penghargaan untuk kategori karyawan ini diberikan kepada Drs. Mukandar. Penghargaan kepada karyawan ini dinilai dari presensi dan keaktifan keseharian di kampus.

Rektor Uniga (kanan) memberikan penghargaan kepada karyawan dan dosen terbaik

Rektor Uniga (kanan) memberikan penghargaan kepada karyawan dan dosen terbaik

Apresiasi dan penghargaan yang diberikan kepada mahasiswa, dosen dan karyawan UNIGA disampaikan setiap tahun. Dan pengumuman serta penyerahannya diberikan pada acara upacara peringatan DIES NATALIS UNIGA yang dilaksanakan setiap tahun juga.

Diharapkan apresiasi dan penghargaan seperti ini tidak hanya dinilai secara materiil saja namun dapat menjadi pemicu semangat untuk menjadi salah satu bagian terbaik yang bisa diberikan kepada diri sendiri dan universitas. (fan-PTI)