Menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1437 H/2016 M ini, Universitas Gajayana Malang menggelar acara Gema Ramadhan. Acara ini berlangsung selama 1 hari bertepatan pada tanggal 10 juni 2016. Bertempat di auditorium utama Uniga Malang, acara ini dihadiri tidak kurang dari 250 orang yang terdiri dari mahasiswa, dosen, karyawan dan jajaran rektorat serta pengurus yayasan Uniga Malang.

Dr. Sudirman, MA. Menyampaikan materi kajian

Dr. Sudirman, MA. Menyampaikan materi kajian

Acara yang digelar pada hari ke-5 Ramadhan ini bertujuan untuk menambah wawasan keislaman dan pengetahuan keagamaan bagi seluruh elemen Uniga Malang. Diawali dengan pembacaan ayat-ayat suci Al-Quran, acara Gema Ramadhan yang dimulai sejak pagi hari ini berlangsung dengan khidmat. Terlebih ketika pengisi kajian menyampaikan kajian keislamannya. Dalam Gema Ramadhan ini, kajian disampaikan oleh Dr. Sudirman, MA. Beliau adalah dosen di Fakultas Syariah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Dalam kajiannya beliau menyampaikan tentang keistimewaan bulan Ramadhan. Beliau menggambarkan tentang pahala berlipat ganda yang diberikan oleh Allah terhadap setiap amal ibadah yang dilakukan dengan ikhlas dan sepenuh keyakinan di bulan tersebut. Bahkan Allah menyiapkan surga bagi siapapun yang berpuasa. Selain itu beliau juga menyampaikan tentang hal-hal yang harus dijaga di bulan ini, seperti penjagaan terhadap dosa-dosa berghibah dan dosa-dosa yang mungkin dilakukan oleh tiap-tiap anggota tubuh manusia. Beliau juga menyampaikan tentang 3 pembagian pahala Allah di tiap 10 hari di bulan Ramadhan. Dan berpesan untuk memanfaatkan waktu tersebut dengan sebaik-baiknya.

Acara ini dibuka oleh Rektor Uniga Malang, Prof. Dr. Dyah Sawitri, SE., MM. Didampingi oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Umum, Dr. Umi Muawanah, S.E., M.Si., Ak dan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Dr. Djuni Farhan, S.E., M.Si. Acara ini juga dihadiri oleh seluruh jajaran dosen dan karyawan serta mahasiswa Uniga Malang.

Seluruh audien khusyu’ menyimak materi

Seluruh audien khusyu’ menyimak materi

Penyampaian yang berisi dan menarik dari penyaji materi membuat audien khusyu’ dan serius dalam menerima materi. Terlebih penyampaian juga disampaikan dengan jokejoke ringan yang dapat mengusir rasa kantuk dan bosan. Sehingga waktu kajian yang berlangsung selama 1,5 jam tidak terasa cepat berlalu.

Mahasiswa yang turut serta dalam acara Gema Ramadhan ini mengaku mendapat banyak wawasan keilmuan dari penyaji materi. Acara ini juga membuat mereka lebih memahami bulan Ramadhan dan ibadah-ibadah yang sebaiknya dilakukan di bulan ini. Serta lebih berhati-hati terhadap perilaku yang sebaiknya dihindari.

Di akhir kajian, Dr. Sudirman, MA. berpesan untuk selalu menjaga iman dan tetap beramal sholeh dalam segala hal. Amal sholeh yang beliau maksud tidak hanya dalam aspek ibadah atau sedekah saja, tetapi termasuk selalu berdzikir, berdoa untuk orang tua, dan juga mendoakan mahasiswa serta para alumni Uniga Malang. Beliau juga mendoakan semoga puasa yang dilakukan di tahun ini mendapat barokah dan diterima oleh Allah Swt.

Setelah cukup dengan materi dan harapannya untuk semua kalangan Uniga Malang, beliau menutup kajiaannya dengan pembacaan doa. Kajian pun Nampak lebih khusyu’ dan khidmat. Seluruh audien berdoa dengan sungguh-sungguh dan berharap kehidupan yang lebih baik bagi dirinya sendiri maupun untuk masa depan kampus Uniga Malang. Diharapkan acara-acara serupa dapat terus dilaksanakan untuk memupuk keimanan dan dapat doa bagi Uniga Malang sendiri. (fan-PTI)